Senin, 17 September 2018

Pengertian Nilai Menurut Para Ahli dan Macam-Macamnya

Pengertian Nilai Menurut Para Ahli dan Macam-Macamnya hay sobat pencari pengertian sudah siapkan untuk mendapatkan pengertian hari ini. dan pada kesempatan sangat berbahagia ini Guru Pengertian akan membahas mengenai apa itu Nilai dan semuanya akan admin ulas di blog ini baik itu pengertian dari beberapa ahli maupun secara umum. silahkan di simak pengertian di bawah.

Pengertian Nilai Menurut Para Ahli dan Macam-Macamnya

Pengertian Nilai Menurut Para Ahli dan Macam-Macamnya lengkap

Pengertian Nilai Secara Umum

Definisi Nilai adalah alat yang menunjukkan alasan dasar bahwa cara pelaksanaan atau keadaan akhir tertentu lebih disukai secara sosial dibandingkan cara pelaksanaan atau keadaan akhir yang berlawanan.

Pengertian Menurut Para Ahli

Para Ahli banyak mengungkapkan dan membahas definisi atau pengertian dari nilai nah apa saja sih sebenarnaya pengrtian tersebut berikut pengertian dari beberapa ahli :

Spranger

Nilai adalah suatu tatanan yang dijadikan panduan oleh individu untuk menimbang dan memilih alternatif keputusan dalam situasi sosial tertentu.

Horrocks

Nilai adalah sesuatu yang memungkinkan individu atau kelompok sosial membuat keputusan mengenai apa yang ingin dicapai atau sebagai sesuatu yang dibutuhkan.

Gordon Allport

Nilai merupakan suatu keyakinan yang dapat membuat seseorang melakukan tindakan berdasarkan pilihannya.

Danandjaja 

Nilai adalah sebuah pengertian yang dimiliki seseorang akan sesuatu yang lebih penting maupun kuran penting, apa yang lebih baik dan kuran baik, dan juga apa yang lebih benar dan apa yang salah.

Djahiri (1999)

Nilai adalah harga, makna, isi dan pesan, semangat, atau jiwa yang tersurat dan tersirat dalam fakta, konsep, dan teori, sehingga bermakna secara fungsional.

Dictionary dalam Winataputra (1989)

Pengertian nilai adalah harga atau kualitas sesuatu.

Purwodarmito

Nilai dapat dijelaskan menjadi lima hal yang diantaranya adalah harga sesuatu, harga sesuai taksiran, angka kepandaian, suatu kualitas, dan juga sifat-sifat penting.

Antony Giddens (1995)

Nilai adalah suatu gagasan yang dimiliki seseorang maupun kelompok mengenai apa yang layak, apa yang dikehendaki, serta apa yang baik dan buruk.

Horton & Hunt (1987)

Nilai adalah suatu gagasan mengenai apakah suatu tindakan itu penting ataukah tidak penting.

Richard T. Schaefer dan Robert P. Lmm (1998)

Nilai adalah suatu gagasan bersama-sama (kolektif) mengenai apa yang dianggap penting, baik, layak dan diinginkan. Sekaligus mengenai yang dianggap tidak penting, tidak baik, tidak layak dan tidak diinginkan dalam hal kebudayaan. Nilai merujuk kepada suatu hal yang dianggap penting pada kehidupan manusia, baik itu sebagai individu ataupun sebagai anggota masyarakat.

Nietzsche

Pengertian nilai adalah tingkat atau derajat yang diinginkan oleh manusia.

Danandjaja

Nilai adalah pengertian yg dimiliki seseorang akan sesuatu yang lebih penting maupun kuran penting, apa yang lebih baik dan kuran baik, dan juga apa yang lebih benar dan apa yang salah.

Gordon Allport

Nilai menurut Gordon adalah suatu keyakinan yang dapat membuat seseorang melakukan tindakan berdasarkan pilihannya.

Mulyana

Nilai merupakan suatu keyakinan dan rujukan untuk menentukan sebuah pilihan.

Kluckhohn

Nilai adalah sebuah konsepsi dari apa yang diinginkan dan mempengaruhi seseorang dalam menentukan tindakan terhadap cara dan juga tujuan yang ingin dicapai.

Notonagoro

Nilai terdiri dari tiga nilai pokok, yaitu nilai vital, materil, dan rohani.

Ralp Perry

Nilai adalah suatu objek yang berasal dari minat suatu individu

Fraenkel

Pengertian nilai merupakan sebuah konsep ataupun ide mengenai apa yang dipikirkan seseorang dan dianggap penting.

Kupperman 

Arti nilai adalah sebuah patokan yang bersifat normatif dan dapat mempengaruhi manusia dalam menentukan sebuah pilihan.

Baca juga :  Pengertian Pajak Menurut Para Ahli Serta Fungsi dan Jenis-Jenisnya 

Louis O. Kattsof (1987)

Nilai dibagi menjadi dua macam oleh Louis, dimana terdapat nilai intristik yang merupakan nilai yang semulanya sudah bernilai, dan yang kedua adalah nilai instrumental dimana nilai merupakan hasil dari sesuatu akibat digunakan sebagai sarana dalam mencapai suatu tujuan.

Mulyana

Nilai adalah suatu keyakinan dan rujukan untuk menentukan sebuah pilihan.

Koentjaraningrat

Nilai adalah suatu bentuk budaya yang memiliki fungsi sebagai sebuah pedoman bagi setiap manusia dalam masyarakat. Bentuk budaya ini dikehandaki dan bisa juga dibenci tergantung daripada anggapan baik dan buruk dalam masyarakat.

Alvin L Bertrand

Nilai adalah kesadaran yang disertai gagasan atas perbutan yang dilakukan seseorang, nilai dalam pengertian ini bisa baik dan bisa juga buruk. Oleh karenannya setiap masyarakat harumampu menginterprasikannya dalam kehidupan yang dijalaninya.

Robert Lawang

Nilai ialah gambaran mengenai apa yang diinginkan, berharga, pantas, dan juga dapat memengaruhi perilaku sosial setiap individu yang memiliki nilai tersebut. Nilai ini menjadi ceriminan serta menjadi pedoman tata tertip kehidupan masyarakat.

Karel J. Veeger

Nilai adalah suatu kiteria yang dberikan kepada individu ke individu lain berdasarkan dengan perbuatan yang dilakukan. Pengertian ini secara langsung juga dapat diberikan pemahaman bahwa dipertimbangkan berdasarkan moral.

Kimball Young

Pengertian nilai adalah asumsi abstrak dan sering kali tidak disadari apa sebenarnya yang penting dalam masyarakat.

AW Green

Nilai adalah kesadaran berlangsung dengan disertai emosi terhadap suatu objek.

Bambang Daroeso

Nilai adalah suatu kualitas atau pengahargaan terhadap sesuatu, yang menjadi dasar penentu tingkah laku seseorang.

Hendropusptio

Nilai adalah segala sesuatu yang masyarakat dapat hargai karena nilai mempunyai daya guna yang fungsional dan berpengaruh dalam perkembangan kehidupan mausia.

Simanjuntak 

Nilai adalah ide-ide yang berkembang pada masyarakat mengenai sesuatu yang baik.

Nursal Luth dan Dainel Fernandez

Nilai adalah perasaan-perasaan tentang apa yang diinginkan atau tidak diinginkan yang memengaruhi perilaku sosial dari orang yang memiliki nilai itu.Nilai bukanlah soal benar atau salah,tetapi soal dikehendaki atau tidak,disenangi atau tidak.Nilai merupakan kumpulan sikap dan perasaan-perasaan yang selalu diperlihatkan melalui perilaku oleh manusia.

Sidi Gazalba

Nilai adalah sesuatu yang bersifat abstrak, ia ideal, nilai bukan benda konkrit, bukan fakta, tidak hanya persoalan benar dan salah yang menuntut pembuktian empirik, melainkan penghayatan yang dikehendaki dan tidak dikehendaki.

Chabib Thoha

Nilai merupakan sifat yang melekat pada sesuatu (sistem kepercayaan) yang telah berhubungan dengan subjek yang memberi arti (manusia yang meyakini). Jadi nilai adalah sesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi manusia sebagai acuan tingkah laku

Laboratorium Pancasila IKIP Malang

Pengertian nilai adalah sesuatu yang berharga, berguna, indah, yang memperkaya batin, dan menyadarkan manusia akan harkat dan martabatnya. Nilai bersumber pada budi yang berfungsi mendorong,mengarahkan sikap, dan perilaku manusia.

Wikipedia

Nilai adalah alat yang menunjukkan alasan dasar bahwa “cara pelaksanaan atau keadaan akhir tertentu lebih disukai secara sosial dibandingkan cara pelaksanaan atau keadaan akhir yang berlawanan. Nilai memuat elemen pertimbangan yang membawa ide-ide seorang individu mengenai hal-hal yang benar, baik, atau diinginkan

Soerjono Soekanto

Nilai adalah konsepsi abstrak yang ada dalam diri manusia, hal ini dikerenakan nilai dapat dianggap baik dan dapat pula dianggap sebagai jelek. Nilai baik selalu menjadi simbul kehidupan yang dapat mendorong ontegritas sosial sedangkan nilai yang buruk akan memberikan dampak yang berarati seperti halnya dampak yang terjadi pada konflik.

Wood

Nilai adalah petunjuk umum yang telah berlangsung lama, petunjuk ini bahkan dianggap mampu mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenannya nilai dalam ketegori ini terbagi menjadi dua, yakni nilai baik dan buruk.

Macam-Macam Nilai

apa saja sih macam-macam nilai itu? berikut macam-macamnya:

1). Nilai Material Nilai material adalah segala sesuatu yang berguna bagi unsur manusia. 

2). Nilai Vital Nilai vital adalah segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk dapat mengadakan kegiatan atau aktivitas. 

3). Nilai Kerohanian Nilai kerohanian adalah segala sesuatu yang berguna bagi rohani manusia.Nilai kerohanian dapat dibedakan atas empat (4) macam,antara lain sebagai berikut: 

  • Nilai kebenaran (kenyataan) yang bersumber dari unsur akal manusia. 
  • Nilai keindahan (estetika) yang bersumber dari unsur perasaan manusia. 
  • Nilai moral (kebaikan) yang bersumber dari unsur kehendak atau kemauan (etika dan karsa) 
  • Nilai religius (nilai ke-Tuhanan) yang bersumber dari keyakinan dan kepercayaan manusia kepada sang pencipta. 

 Macam-macam nilai menurut Spranger, yaitu : 

1).Nilai Keilmuan 
Nilai keilmuan merupakan salah satu dari macam-macam nilai yang mendasari perbuatan seseorang atau sekelompok orang yang bekerja terutama atas dasar pertimbangan rasional. Nilai keilmuan ini dipertentangkan dengan nilai agama. 

2).Nilai Agama 
Nilai agama ialah salah satu dari macam-macam nilai yang mendasari perbuatan seseorang atas dasar pertimbangan kepercayaan bahwa sesuatu itu dipandang benar menurut ajaran agama.

3).Nilai ekonomi
Nilai ekonomi adalah salah satu dari macam-macam nilai yang mendasari perbuatan seseorang atau sekelompok orang atas dasar pertimbangan ada tidaknya keuntungan finansial sebagai akibat dari perbuatannya itu. Nilai ekonomi ini dikontraskan dengan nilai seni.

4).Nilai Seni
Nilai seni merupakan salah satu dari macam-macam nilai yang mendasar perbuatan seseorang atau sekelompok orang atas dasar pertimbangan rasa keindahan atau rasa seni yang terlepas dari berbagai pertimbangan material.

5).Nilai Solidaritas
Nilai Solidaritas ialah salah satu dari macam-macam nilai yang mendasari perbuatan seseorang terhadap orang lain tanpa menghiraukan akibat yang mungkin timbul terhadap dirinya sendiri, baik itu berupa keberuntungan maupun ketidakberuntungan. Nilai solidaritas ini dikontraskan dengan nilai kuasa.

6).Nilai Kuasa
Nilai Kuasa adalah salah satu dari macam-macam nilai yang mendasari perbuatan seseorang atau sekelompok orang atas dasar pertimbangan baik buruknya untuk kepentingan dirinya atau kelompoknya.
Baca juga :  Pengertian Rakyat, Penduduk, Warga Negara dan Bangsa Lengkap 
Nah itu tadi Pengertian Nilai secara umum dan menurut para ahli beserta macam-macamnya bagaimana bermanfaan bukan. semoga semua artikel di blog guru pengertian ini bisa selalu bermanfaat bagi pembacanya. terimakasih sudah meluankan waktunya untuk mampir kesini. sampai jumpa pada pengertian-pengertian selanjutnya.

0 komentar

Posting Komentar